Saturday, March 24, 2012

TEORI KESEIMBANGAN ALAM DAN UNSUR UNSURNYA

Materi kuliah akupungtur hari Sabtu, 24 Maret 2012 adalah masalah “teori Yin dan Yang”, Pergerakan 5 (lima) Unsur , Indikasi dan kontra indikasi pemanfaatan Akupungtur inovasi canggih yang menggunakan pemanfaatn gelombang elektromagnetik.
Yin dan Yang


Secara tradisional, Yin berarti gelap, pasif, feminin, dingin, dan negatif. Sedangkan Yang adalah cahaya, aktif, laki-laki, hangat, dan positif.
Dalam filosofi Cina, konsep Yin-Yang biasanya di daerah barat disebut Yin dan Yang. Biasanya digunakan untuk mendeskripsikan sifat kekuatan yang saling berhubungan dan berlawanan di dunia ini dan bagaimana mereka saling membangun satu sama lain. Konsep tersebut didasarkan pada asal muasal dari banyaknya cabang ilmu pengetahuan klasik dah filosofi Cina serta dapat digunakan sebagai pedoman pengobatan Cina dan menjadi prinsip dari seni bela diri yang ada di Cina, sebagai contoh Baguazhang, Taijiquan (Tai Chi), dan qigong (Chi Kung) dan ramalan Ching.

Yin dan Yang saling berlawanan dalam interaksi dengan dunia yang lebih luas dan sebagai bagian dari sistem yang dinamis. Semua hal memiliki kedua aspek tersebut yakni Yin dan Yang, tapi tidak setiap aspek tersebut memiliki perwujudan yang jelas pada objek dan mungkin pasang surut atau mengalir dari waktu ke waktu. Konsep Yin dan Yang sering dilambangkan dengan berbagai bentuk yang bervariasi dari simbol Taijitu, yang mana lebih umum dikenal pada kebudayaan barat.

Ada beberapa persepsi (terutama di barat) yang mengatakan bahwa Yin dan Yang selalu dihubungkan dengan sesuatu yang baik dan jahat. Namun, filsafat Taoist biasanya tidak memperhitungkan sesuatu yang baik atau jahat dan penilaian moral, dalam kaitannya dengan konsep keseimbangan. Konfusianisme (Filosofi dari Dong Zhongshu, c. Abad 2SM) tidak melampirkan dimensi moral dari Yin dan Yang. Tapi dalam istilah modern, istilah ini sebagian besar telah teradaptasi oleh filosofi Budha Taoist.


Yin adalah sisi hitam dengan titik putih pada bagian atasnya dan Yang adalah sisi putih dengan titik hitam pada bagian atasnya. Hubungan antara Yin dan Yang sering digambarkan dengan bentuk sinar matahari yang berada di atas gunung dan di lembah. Yin (secara harafiah yaitu tempat yang teduh) adalah daerah gelap yang merupakan bayangan dari gunung, sementara Yang (secara harafiah yaitu tempat yang terang atau cerah) adalah bagian yang tidak terhalang oleh gunung. Saat matahari bergerak, Yin dan Yang secara bertahap bertukar tempat satu sama lain, mengungkapkan apa yang tidak jelas dan menyembunyikan yang sudah terungkap. Yin ditandai dengan sesuatu yang lambat, lembut, menghasilkan, menyebar, dingin, basah, dan pasif. Berhubungan dengan air, bumi, bulan, feminitas dan malam hari. Yang sebaliknya ditandai dengan cepat, keras, padat, fokus, panas, kering, dan agresif. Berhubungan dengan api, langit, matahari, maskulinitas dan siang hari.


"Menurut teori pengobatan China, orang yang sehat adalah orang yang bisa menyeimbangkan unsur panas dan dingin," kata Dr.Chun-Su Yuan, direktur Tang Center dari Herbal Medicine Research di University of Chicago Medical Center, AS.
Teori Yin dan Yang digunakn sebagai dasar dalam Ilmu Pengobatan Cina. Dengan Teori Yin dan Yang ini dijelaskan dan dinilai keadaan lingkungan, fisiologi organ tubuh manusia, patologi penyakit, cara pemeriksaan, penegakan diagnosis, terapi dan penilaian atas prognosis penyakit.

Tubuh manusia merupakan kesatuan dari Yin dan Yang. Sehingga manusia dapat sehat jika mempertahankan keseimbangan Yin dan Yang, dan akan sakit jika terjadi ketidak seimbangan Yin dan Yang. Tujuan pengobatan adalah menyeimbangkan kembali Yin dan Yang. Selain itu unsur Yin dan Yang alam semesta juga mempengaruhi manusia, sehingga manusia perlu menyesuaikan dengan Yin dan Yang lingkungannya agar tetap sehat.
Dalam melakukan diagnosa penyakit digunakan prinsip : Yin, Yang, Piao, Li, Han, Re, Si dan Se. Tindakan/ terapi yang digunakan disesuaikan dengan diagnosis yang ditegakkan, misalnya jika didapati keadaan Si maka dilakukan terapi dengan cara Pu. Untuk prognosa juga digunakan konsep Yin dan Yang, jika didapati gejala Yin dalam perjalanan penyakit berarti keadaan penyakit memberat.

Yin dan Yang Dalam Meridein Akupuntur

Meridian adalah jalur lalu lintas energi dalam tubuh. Dan sebagaimana lalu lintas, pada meridian ada jalur/jalan, ada hambatan, ada persimpangan, ada titik awal, ada titik akhir dan sebagainya. Jika jalan energi pada meridian lancar, maka akan tercipta keharmonisan dalam tubuh, dan tubuh kita mampu melawan penyakit, sebaliknya jika terjadi hambatan pada meridian maka akan muncul gangguan kesehatan.

Yang membedakan meridian dengan jaringan lain dalam tubuh adalah jaringan darah dan syaraf dapat terlihat oleh mata, sedangkan jaringan meridian tidak terlihat walaupun nyata. Dalam ilmu kedokteran modern, rahasia teori jalur energi meridian ini masih belum terungkap karena saat ini belum ada alat yang bisa mendeteksinya, akan tetapi teori ini sudah dibuktikan manfaatnya selama ribuan tahun.

Fenomena teori meridian mungkin sama dengan keberadaan nyawa pada mahluk hidup. Keberadaan nyawa sangat penting bagi kehidupan tapi belum ada yang bisa mengungkap rahasia keberadaannya. Jadi Keberadaan meridian belum dapat dibuktikan secara fisik menurut ilmu kedokteran, walaupun riset telah menunjukkan bagaimana transmisi dari informasi dari chi dapat berhubungan di bagian-bagian internal manusia.

Titik akupunktur

Dalam salah satu artikel tentang Akupunktur disebutkan bahwa di dalam jalur meridian mengalir 2 macam arus energi yaitu energi "Yang" (positif,panas) dan energi "Ying" (negatif,dingin). Manusia atau bagian tubuh manusia akan sehat apabila arus energi yang melalui meridian terdapat keseimbangan antara arus energi "Yang" dan arus energi "Ying". Kalau "Yang" dan "Ying" tidak seimbang maka manusia akan terganggu kesehatannya atau sakit.

Kelebihan energi "Yang" akan menimbulkan gangguan atau sakit dengan gejala kelebihan energi misalnya panas, kejang-kejang, rasa nyeri. Kelebihan energi "Ying" atau kekurangan energi "Yang" akan menimbulkan gangguan atau sakit yang ditandai dengan gejala kekurangan energi misalnya dingin, lumpuh, baal/mati rasa/anaesthesia.
Di titik-titik tertentu pada meridian terdapat pusat kontrol yang mengatur arus energi "Yang" dan "Ying" untuk suatu bagian tubuh atau organ tertentu. Titik inilah titik yang dikenal sebagai titik akupunktur. Apabila terdapat kelebihan energi "Yang" di suatu bagian tubuh atau organ tertentu maka sinshe akan menusuk titik akupunktur untuk menghambat aliran energi "Yang" sehingga tercapai keseimbangan antara energi "Yang" dan "Ying". Apabila terdapat kelebihan energi "Ying" atau dengan kata lain kekurangan energi "Yang" maka sinshe akan menusuk titik akupunktur lalu memutar-mutar jarum akupunktur untuk merangsang energi "Yang" sehingga tercapai keseimbangan antara energi "Yang" dan "Ying". Jadi yang dilakukan pada akupunktur adalah merangsang atau menghambat energi "Yang".

Perkembangan selanjutnya dari akupunktur adalah : 1. Memasukkan obat melalui jarum dengan menggunakan jarum akupunktur yang berlubang ditengahnya. 2. Menghubungkan jarum akupunktur dengan arus listrik lemah (arus DC) 3. Menekan titik akupunkture dengan jari atau benda tumpul (accupressure)
Fungsi meridian antara lain:
• Penghubung bagian tubuh sebelah atas dan tubuh sebelah bawah
• Penghubung bagian tubuh sebelah kanan dan tubuh sebelah kiri
• Penghubung organ-organ dalam dengan permukaan tubuh
• Penghubung organ-organ dalam dan alat gerak
• Penghubung organ-organ dalam dengan organ-organ dalam lainnya
• Penghubung organ dalam dengan jaringan penunjang tubuh
• Penghubung jaringan penunjang tubuh dengan jaringan penunjang tubuh lainnya.

Hubungan ini terbentuk menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan yang beraksi bersamaan terhadap rangsangan yang berperan dalam pertahanan tubuh. Akan tetapi, jika ada penyakit masuk ke dalam meridian, maka meridian bisa menjadi jalur penyakit untuk menyebar dalam tubuh, karena itu kita harus merangsang titik-titik pada meridian untuk mengusir penyakit.

Meridian terletak di dalam tubuh, letaknya bervariatif tergantung jalurnya. Jalur meridian ada yang melewati sela-sela tulang, ada yang berada di sela-sela otot, dan karena wujudnya yang tidak nyata ada juga yang menembus atau menyelimuti organ. Sebagian organ ada yang muncul dekat dengan permukaan kulit.

Ada 12 meridian utama yang menghubungkan organ tubuh kita
1. Meridian Paru (di jalurnya ada 11 pasang titik akupunktur)
2. Meridian Usus Besar (di jalurnya ada 20 pasang titik akupunktur))
3. Meridian Lembung (di jalurnya ada 45 pasang titik akupunktur))
4. Meridian Limpa (di jalurnya ada 21 pasang titik akupunktur))
5. Meridian Jantung (di jalurnya ada 9 pasang titik akupunktur))
6. Meridian Usus Kecil (di jalurnya ada 19 pasang titik akupunktur))
7. Meridian Kandung Kemih (di jalurnya ada 67 pasang titik akupunktur))
8. Meridian Ginjal (di jalurnya ada 27 pasang titik akupunktur))
9. Meridian Selaput Jantung (di jalurnya ada 9 pasang titik akupunktur))
10. Meridian Tri Pemanas (di jalurnya ada 23 pasang titik akupunktur))
11. Meridian Empedu (di jalurnya ada 44 pasang titik akupunktur))
12. Meridian Hati (di jalurnya ada 14 pasang titik akupunktur))

Meridian lainnya antara lain:

1. Meridian Ren (di jalurnya ada 24 titik akupunktur)
2. Meridian Du (di jalurnya ada 28 titik akupunktur)

Pemanfaatan teori Yin dan Yang dalam akupuntur secara singkat dapat diuraikan sebagai berikut

Dalam ilmu Akupunktur, teori Yin dan Yang adalah dua karakter yang ada di alam semesta ini yang memiliki dua muka (positif dan negatif) yang saling bertentangan, saling bergantung, saling tarik menarik, saling bertransformasi, membentuk kesatuan, pasang surut dan relatif (tidak mutlak).Sesuai konsep holistic, Yin Yang tubuh manusia dipengaruhi oleh Yin Yang alam semesta ini. Jadi untuk mempertahankan keseimbangannya manusia harus menyelaraskan/menyesuaikan dengan keadaan lingkungan dimana ia tinggal. Dalam Yin selalu ada Yang dan dalam Yang selalu ada Yin.

Contoh Karakter Yin Yang :
Yin : Air, dingin, Malam, Gelap, Utara, Istirahat, Pasif, Lapar, Kurus, Bawah, Gelap, Sedih, Miskin, Kurang/hipo.
Yang : Api, Panas, Siang, Selatan, Terang, Bekerja, Aktif, Gemuk, Kenyang, Kaya, Gembira, Hiper/Berlebihan.

Contoh Yin Yang dalam Meridian :
Yin : Paru-paru, Perikardium, Jantung, Limpa, Lever, Ginjal
Yang : Usus Besar, Sanciao, Usus Kecil, Lambung, Kd. Empedu, Kd. Kemih

Contoh Yin Yang dalam tubuh manusia :
Yin : Bagian dada, Perut, Tubuh bagian bawah, Organ Cang, Sie, Li
Yang : Punggung, bokong, Tubuh bagian atas, Organ Fu, Ci, Piao

Contoh Yin Yang dalam kondisi penyakit:
Yin : Kronis, Diam, Dingin, Lembab, Regresif
Yang : Akut, Gelisah, Panas, Kering, Progresif

Contoh Yin Yang dalam organ tubuh manusia :
Yin : Paru-paru, Limpa, Jantung, Perikardium, Hati, Ginjal
Yang : Usus Besar, Usus Kecil, Kandung kemih, Kandung Empedu, Lambung, Sanjiao
Bila kita bicara tentang ORGAN CANG dengan fungsinya yang khusus, yaitu membuat dan menyimpan zat-zat pokok dan energi vital tergolong ORGAN YIN.

ORGAN FU fung meneruskannya lagi ke organ Fu lain untuk diolah lebih lanjut, tergolong dalam ORGAN YANG.

Meridian yang bersifat Yin meridian berakhir pada organ yang bersangkutan. Misalnya Organ Limpa, diawali dari ujung ibu jari kaki bagian luar dan berakhir pada titik di depan organ Limpa.

Meridian yang bersifat Yang jalur meridian akan mencapai kepala. Seperti meridian Lambung, berawal dari bawah mata dan berakhir di ujung jari manis kaki.

Masing-masing organ Cang Fu memiliki sifat Yin dan Yang. Misalnya organ ginjal memiliki sifat Yin ginjal dan memiliki juga sifat Yang. Demikian juga dengan organ limpa, lambung dan organ-organ lainnya.




6 Kondisi Keseimbangan Yin Yang

-Yin dan Yang seimbang/normal
-Yang Ekses (kelebihan Yang)
-Yin Ekses (kelebihan Yin)
-Yin Defisiensi (kekurangan Yin)
-Yang Defisiensi (kekurangan Yang)
-Yin Yang Defisiensi (Kepunahan)

-Jika kondisi pasien Yin dilakukan terapi Yang
-Jika kondisi pasien Yang dilakukan terapi Yin
-Jika kondisi pasien Defisiensi dilakukan terapi Penguatan/Tonifikasi
-Jika kondisi pasien Ekses dilakukan terapi Pelemahan/Sedasi
-Jika kondisi pasien Dingin dilakukan terapi Pemanasan/Moksibasi
-Jika kondisi pasien Panas dilakukan terapi Pendinginan

Fungsi Teori Yin Yang :

Merupakan bidang mendiagnosa suatu penyakit yang diderita oleh pasien, adalah 2 bidang diagnosa dari 8 dasar diagnosa terhadap penyakit.
Merupakan bidang penentuan terapi,

Teori Pergerakan Lima Unsur (U Sing)

Using adalah teori terpenting setelah teori Yin Yang. Ia berkembang dari teori Yin Yang yang menilai sifat – sifat khusus lima unsur benda yang ada di alam semesta. Lima unsur tersebut adalah : Logam, Air, Kayu, Api dan Tanah. Masing – masing akan dijelaskan oleh teori Lima Unsur ini (U Sing) tentang hubungannya masing – masing.
Dalam kedokteran timur khususnya di Cina, segala sesuatu yang ada di alam ini diringkas dan disimpulkan dengan lima unsur tersebut. Lain dengan kedokteran barat yang tak mengenal adanya Yin Yang, Lima Unsur dll.
Berikut skema mengenai Lima Unsur :




Untuk lebih jelasnya, mari kita ikuti uraian berikut,
Hubungan Lima Unsur :
a. Hubungan saling menghidupkan/menguatkan/menghasilkan (yang berbentuk segi lima)
• Kayu menghidupi Api
(Api diperbesar dengan menambah kayu dalam pembakaran)
• Api menghidupi Tanah
(Api menghasilkan abu (tanah) hasil dari kayu menghidupi api)
• Tanah menghasilkan Logam
(Besi didapat dari Bumi / tanah)
• Logam menghidupi Air
(Pada kelembapan udara tinggi, terbentuk butiran-butiran air di permukaan logam)
• Air menghidupi Kayu
(Tumbuh – tumbuhan membutuhkan air untuk hidup)
Dalam hubungan keLima Unsur di atas dapat diartikan melahirkan, membantu pertumbuhan. Kalau dibahasakan manusia hubungan tersebut dapat diartikan hubungan Ibu Anak karena terdapat unsur melahirkan dan membantu pertumbuhan.
b. Hubungan saling menindas/merusak/membatasi (yang berbentuk bintang)
• Kayu merusak Tanah
(Terjadinya banjir dikarenakan pohon-pohon (kayu) byk yg tumbang sehingga tanah jadi rusak terbawa air)
• Tanah membatasi Air
(Pembuatan bendungan memerlukan tanah sebagai pembatas air)
• Air membatasi Api
(Air digunakan untuk menjinakkan api dalam kebakaran)
• Api merusak Logam
(Terjadi pelelehan jika api terus menerus mengenai logam)
• Logam membatasi Kayu
(Gergaji (logam) digunakan untuk memangkas pohon)
Dalam hubungan ke lima unsur di atas diartikan saling mengalahkan/menguasai/menjajah dan membunuh.
Acupoint , Akupuntur Teknologi Tinggi
Alat ini merupakan peralatan akupuntur terapi ururan kantung yang sangat canggih dan dibuat dengan tekhnologi berseni tinggi. Jarum ini memiliki efek untuk mengorek meridian dan mengaktifkan kolateral dan meningkatkan mikro sirkulasi. yang pertamadari jenisnya dan produk terdepan di China dan di Dunia, dinamakan Terapi Hijau. Peralatan yang telah dipatenkan ini (Paten Negara Cina No. 97103246.7) Menghasilkan efek cepat dan mengagumkan, mudah digunakan, aman dan dapat diandalkan, tanpa efek samping.

Xuebo adalah peralatan 3 dalam 1 berdasarkan pada penelitian tentang terapi jarum sendok metode Sembilan Jarum Cina kuno dan menggabungkan sinar magnetis energi tinggi modern dan denyut-denyut listrik.

Jika ujung magnetisnya ditekan pada titik akupuntur, fokus sinar magnetis energi tinggi akan bekerja pada titik akupuntur tubuh manusia melalui kulit dan menggunakan sejumlah tetap denyut listrik dengan membaca titik akupuntur, sehingga dapat mengorek meridian dan kolateral, mengatur fungsi qi dan darah meridian, kolateral dan organ-organ zang-fu selain memperlancar mikro sirkulasi pusat penyakit, mengatur daerah listrik biologi tidak teratur dan bidang listrik untuk mencapai efek pencegahan penyakit dan memelihara kesehatan.


Indikasi

Penyakit yang dapat diatasi dengan "Accupoint Treasure" antara lain :

Sakit Kepala, Flu, demam, batuk, asthma, insommia (kurang tidur), mabuk perjalanan, susah buang air, diare, sakit maag, sakit perut, infeksi usus menahun, ngompol malam,ejakulasi dini,impoten,radang prostat,bengkak, infeksi ginjal, nyeri haid, haid tidak teratur, telingan berdengung dan tuli, lumpuh wajah, kaku otot muka,rabun jauh, infeksi hidung, sakit gigi, radang tenggorokan, darah tinggi, darah rendah, kolesterol, jantung koroner, nyeri dada karena serangan jantung, kaku leher, sakit tulang belakang, sakit pinggaang, sakit pinggul, sakit tumit, sakit kaki, botak, cacar ular/herpes,kegemukan,stroke, ingin berhenti merokok, ingin berhenti minum alkhohol, kantung mata, untuk perawatan kecantikan, perawatan kesehatan.

Kontra Indikasi

1. Pemakai alat Pacu Jantung
2. Ibu Hamil
3. Pengguna pen dalam tubuhm misalnya pada patah tulang
4. Anak anak di bawah 6 (enam Tahun)



Anda menderita sakit-sakit di atas ? hubungi Kami : Pusat Penyembuhan Terpadu 0812 879 879 21, Darwono Tuan Guru (Page Of Facebook)

No comments:

Post a Comment