Friday, April 20, 2012

MERIDIAN USUS BESAR

Large Intestine Meridian (LI)
Secara uum gangguan atau penyakit pada meridian usus besar (Large Intestine, LI) adalah : a. Gangguan pada meridian ; suhu badan naik, haus sekali, nyeri tenggorokan, epistakisi (pendarahan dari hidung0, gigi nyeri dan gusi bengkak, mata merah dan nyeri, leher bagian depan (kelenjar gondok) membesar, nyeri daerah belikat /scapula dan tangan bagian atas, kadang-kadang disertai inflamasi (radang) dan demam, telunjuk tidak dapat digerakan dengan leluasa.
b. Gabgguan atau kelainan pada organ dalam sekitar umbilikus (pusar) terasa nyeri, atau nyeri perut dengan lokasi yang berpindah-pindah, borborigmus (perut keroncongan , gas dalam usus), diare atau kotoran tidak terbentuk, dapat disertai lendir, kadang-kadang terdapat gejala sesak nafas.
Perjalanan Meridian : Dimulai Dari Ujung Jari Telunjuk Sampai Diantara Pertemuan Tulang Metakarpal I Dan II, Ke Atas Masuk Ke Dalam Lekukan Dari Tendon Mm. Ekstensor Polisis Longus Dan Brevis, Berjalan Terus Sisi Radial Lengan Bawah Sampai Di Lateral Sudut Lipat Siku, Berjalan Lagi Menyususri Tepi Lateral Lengan Atas Menuju Bahu Lalu Berjalan Ke Belakang Berjumpa Denga Meridia-Meridian Yang Di Titik Ta Cui (Gv 14) Kembali Lagi Ke Daerah Supraklafikuler Menembus Ke Dalam Berhubungan Dengan Paru-Paru Dan Menembus Diafragma Tiba Pada Usus Besar. Secara rinci, beberap titik pada meridian Large Intestine atau meridian usus besar/Intestinum crassum dan manfaatnya dalam therapi adalah sebagai berikut ; 1. Sang Yang Dalam penanganan : badan panas, telunjuk kaki linu rematik, mimisan, sakit gigi, radang amandel, tenggorokan bengkak.
2. El Cien Bersifat penenang, berhasiat dalam terapi telunjuk kencang sukar digerakkan, linu, rematik, pundak nyeri, telapak tangan sakit, mata, diare.
3. Sanjian Bermanfaat dalam penanganan gangguan telunjuk kaku, linu, rematik, telapak tangan sakit, mata kabur diare, usus besar, sembelit, bronchitis.
4. Hegu Merupakan titik yen (titik sentral) dari meridian usus besar . Artinya, titik ini merupalan tempat organ usus besar terpancar ke sepanjang meridiennya. Jika ada gangguan atau hambatan, di meridian usubesar (intestinum crassum) titik ini merupakan sentralnya.
Titik ini bersifat mengeluarkan panas luar, mengusir angin, membersihkan paru-paru (pulmo). Khasiat titik ini terkait dalam penanganan gangguan Tenggorokan sakit, batuk pilek, badan panas, demam, influensa, masuk angin, diare, sembelit, kembung, mual, tidak nafsu makan, sakit perut, menstruasi sakit, pusing, gatal-gatal dan sakit gigi, sakit leher, lumpuh separto badan serta alergi.
Lokasi Titik ini terletak antara 1 dan 2 tulang metakarpal. Arah pijatan Hegu menekan horisontal ke punggung tangan bukan vertikal ke telapak tangan. Wanita hamil muda jangan menekan Hegu karena dapat merangsang keguguran. Hegu merupakan salah satu titik yang termasuk kedalam meredian Yang ming Usus Besar yang mana dimulai dari ujung jari telunjuk sampai diantara pertemuan tulang metakarpal 1 dan 2, ke atas masuk ke dalam lekukan tendon M ekstensor posisi longus dan brevis, Berjalan Terus Sisi Radial Lengan Bawah Sampai Di Lateral Sudut Lipat Siku, Berjalan Lagi Menyususri Tepi Lateral Lengan Atas Menuju Bahu Lalu Berjalan Ke Belakang Berjumpa Denga Meridia-Meridian Yang Di Titik Ta Cui (Gv 14) Kembali Lagi Ke Daerah Supraklafikuler Menembus Ke Dalam Berhubungan Dengan Paru-Paru Dan Menembus Diafragma Tiba Pada Usus Besar.
Disamping itu, Hegu adalah titik yang sangat umum digunakan, karena memiliki banyak manfaat dan merupakan salah satu titik yang masuk dalam 12 titik Heavelny star karena memiliki banyak manfaat. titik hegu ini berguna untuk setiap kondisi yang berhubungan dengan wajah dan kepala. Ini juga berguna untuk kondisi angin-Panas (flu). Hegu LI 4 dikenal sebagai titik nyeri di tubuh. Di mana saja ada rasa sakit, gunakan LI 4. Hegu mempunyai sifat: mengeluarkan panas luar, mengusir angin, membersihkan chi paru-paru, melancarkan chi usus besar dan lambung. Sebaiknya titik Hegu untuk tusuk jarum tidak digunakan kepada wanita yang sedang hamil jika dalam metode BU (tonifikasi) sedangkan dalam metode Shi (sedasi) Boleh dan di perkenankan . 5. Yang Si
Titik ini bermanfaat dalam therapi tangan linu, kaku, rematik dan nyeri pergelangan tangan. 6. Ci Ce (Quichi) Titik ke sebelas dari meridian Usus besar ini bersifat menghilangkan panas, melancarkan persendian, menghilangkan angin dan lembab, mengatur peredaran energi vital. Lokasi diujung luar lipat siku. Berhasiat dalam mengatasi demam, bengkak tenggorokan, muntaber, amandel, tangan tak bertenaga, penyakit kulit, tremor (tangan bergetar tak terkontrol, tangan lumpuh paska stroke.
7. Ci Ku (jugu) Titik ke 16 dari meridian usus besar ini berlokasi pertemuan tulang selangka (os Claviculae) dan ujung tulang belikat (os Scapulae) dekat ujung pundak.
Titik ini bermanfaat dalam therapi lumpuh separoh badan, lengan lemas, kaku, rematik, lengan tidak bisa diangkat, pusing kepala sebelah (migren) leher kaku, radang syaraf pundak, radang selaput di muka tempurung lutut (bursitis) pundak kaku kapsulitis. 8. fu Tu (LI 18)
Titik ke 18 dari meridian Usus Besar (LI 18) ini bermanfaat dalam penanganan gondok, amandel, kepala, nyeri pinggul, panggul, arthritis, sciatica ( nyeri syaraf sepanjang syaraf sciatik yang menyebar ke bokong dan tungkai bawah). 9. Ho Liao (LI 19) dan Ying Siang (LI 20) Ho Liao terletak teapat di bawah cuping hidung. Bermanfaat dalam penanganan Pilek, hidung tersumbat, alergi, mimisan, amandel, pusing, tidak bisa mencium bau.
Titik ke 20 dari Meridian Usus Besar ini terletak disamping bawah cuping hidung. Bersifat melancarkan pernafasan, menghilangkan gangguan karena angin. Khasiat untuk menangani problema mimisan, pilek, keluar ingus, hidung tersumbat, mulut miring, gangguan penciuman, lumpuh muka, sariawan dan amandel.
Dengan menggunakan alat akupuntur hasil inovasi teknologi tinggi yang tanpa ditusuk yang disebut alat "sentuh sembuh" kita dapat menangani berbagai penyakit atau gangguan itu dengan mudah. Anda dapat memperoleh alat "sentuh sembuh' yang asli melalui kami. Awas barang tiruan. Hubungi 0812 879 879 21.

1 comment: