Monday, April 23, 2012

TIP BEBAS PENYAKIT DALAM 10 MENIT

Untuk menjaga kesehatan memang perlu dilakukan setiap saat. Namun bagi sebagian besar kita yang sangat sibuk tentu meluangkan waktu yang longgar untuk menjaga kesehatan kadang amat kesulitan. Tip Sepuluh Menit Sehat Mandiri ini semoga dapat memberi masukan yang cukup bermanfaat terutama berkaitan dengan penjagaan kesehatan yang berkaitan dengan berbagai gangguan akhibat lingkungan yang polutif. Sepuluh menit sehat mandiri dalam artian dapat menjaga kesehatan maupun therapi yang dilakukan oleh diri sendiri. Waktu melakukannya disesuaikan dengan waktu senggang kita, seperti menanti adzan subuh setelah witir, sambil menunggu bis atau kendaraan lain, selepas sholat wajib seusai dzikir sambil membaca doa "menghilangkan" penyakit sebagaimana dicontohkan Rasul : "Bismillahi Audu bi'izaatillah wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa ukhaadiru " (Dengan nama Allah, aku berlindung dengan keagungan Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang aku rasakan dan aku hindari), sebanyak tujuh kali (7X)." Atau “”Allahuma rabbannas, adz-hibil ba’sa isyfi antasy-syafi la syifa’a illa syifa’uka, syifa’an la yughadiru saqaman” Ya Allah, Tuhan Pemelihara Manusia, hilangkan penyakit, sembuhkanlah! hanya Engkau yg bisa menyembuhkan, tdk ada kesembuhan kecuali dariMu, Kesembuhan yg tdk meninggalkan satu penyakitpun” (HR. Bukhari & Muslim)
Untuk kepentingan ini kita memerlukan alat "Sentuh Sembuh" yang dapat dibawa kemana-mana mendampingi kesibukan anda sebagaimana layakya dokter pribadi. Selamat Mencoba ! Wanita Hamil dan Anak di bawah 6 tahun tidak diperkenankan menggunakan alat "Sentuh Sembuh" seperti gambar di atas.
Berikut beberapa titik yang perlu disentuh dalam waktu sekitar sepuluh menit untuk menjada kesehatan kita. Titik Shashang : merupakan titik ke 11 (LU 11) pada meridian Paru. Sifat titik Shaoshang adalah melancarkan energi meridian, membersihkan paru-paru dan melancarkan tenggorokan. Khasiat ttitik shaoshang adalah dalam penanganan amandel, pembengkakan tenggorokan, mimisan, astma, kejang jari-jari tangan, ayan, demam, pingsan, sakit leher, ibu jari linu, radang gusi, sariawan, tangan-tangan mati rasa. 2. Shangyang :
Sang Yang Dalam penanganan : badan panas, telunjuk kaki linu rematik, mimisan, sakit gigi, radang amandel, tenggorokan bengkak. Letak sisi dalam ujung jari telunjuk. Sekitar 0,1 cun sudut dalam pangkal kuku tepat pada lekukan.
3. Hegu Merupakan titik yen (titik sentral) dari meridian usus besar . Artinya, titik ini merupalan tempat organ usus besar terpancar ke sepanjang meridiennya. Jika ada gangguan atau hambatan, di meridian usubesar (intestinum crassum) titik ini merupakan sentralnya.Titik ini bersifat mengeluarkan panas luar, mengusir angin, membersihkan paru-paru (pulmo). Khasiat titik ini terkait dalam penanganan gangguan Tenggorokan sakit, batuk pilek, badan panas, demam, influensa, masuk angin, diare, sembelit, kembung, mual, tidak nafsu makan, sakit perut, menstruasi sakit, pusing, gatal-gatal dan sakit gigi, sakit leher, lumpuh separto badan serta alergi.
Lokasi Titik ini terletak antara 1 dan 2 tulang metakarpal. Arah pijatan Hegu menekan horisontal ke punggung tangan bukan vertikal ke telapak tangan. Wanita hamil muda jangan menekan Hegu karena dapat merangsang keguguran. Hegu merupakan salah satu titik yang termasuk kedalam meredian Yang ming Usus Besar yang mana dimulai dari ujung jari telunjuk sampai diantara pertemuan tulang metakarpal 1 dan 2, ke atas masuk ke dalam lekukan tendon M ekstensor posisi longus dan brevis, Berjalan Terus Sisi Radial Lengan Bawah Sampai Di Lateral Sudut Lipat Siku, Berjalan Lagi Menyususri Tepi Lateral Lengan Atas Menuju Bahu Lalu Berjalan Ke Belakang Berjumpa Denga Meridia-Meridian Yang Di Titik Ta Cui (Gv 14) Kembali Lagi Ke Daerah Supraklafikuler Menembus Ke Dalam Berhubungan Dengan Paru-Paru Dan Menembus Diafragma Tiba Pada Usus Besar.
4. Ho Liao (LI 19) dan Ying Siang (LI 20) Ho Liao terletak teapat di bawah cuping hidung. Bermanfaat dalam penanganan Pilek, hidung tersumbat, alergi, mimisan, amandel, pusing, tidak bisa mencium bau.Titik ke 20 dari Meridian Usus Besar ini terletak disamping bawah cuping hidung. Bersifat melancarkan pernafasan, menghilangkan gangguan karena angin. Khasiat untuk menangani problema mimisan, pilek, keluar ingus, hidung tersumbat, mulut miring, gangguan penciuman, lumpuh muka, sariawan dan amandel.
5. Chize (Ce Ce) : Bersifat menghilangkan panas dari paru-paru ( clear lung heat) menormalkan energi yang tidak teratur, menjernihkan ruang rongga atas. Berkhasiat dalam penanganan TBC, batuk darah, gatal-gatal, alergi, panas, kejang otot siku, migren, mata, tuli, astma, radang tenggorokan (sore throat).
6. Kung Cui (LU 6) Titik ini menormalkan paru-paru sebagai organ pernafasan (respiratoria), menghentikan pendarahan, menghilangkan panas luar. Bermanfaat di dalam penanganan Batuk darah, influanza, sesak nafas, batuk batuk, radang amandel, radang tenggorokan, pundak nyeri, lengan kaku, sakit lengan dan siku, usus besar, perut bunyi, sakit ayan, nyeri lambung, radang usus akut. 7. Lie Cie (LU 7) Memiliki sifat melancarkan energi, membersihkan paru-paru, mengusir angin. Berkhasiat dalam penyembuhan penyakit dada, asthma, pilek, batuk, migren, demam, tangan dingin, pergelangan tangan lemah atau sakit, telapak tangan panas dan nyeri, bulu kuduk, kencing sedikit, bengkak, nyeri dan bengkak tenggorokan, colitis (radang usus besar/colon).
8. Ci Ku (jugu) Titik ke 16 dari meridian usus besar ini berlokasi pertemuan tulang selangka (os Claviculae) dan ujung tulang belikat (os Scapulae) dekat ujung pundak.Titik ini bermanfaat dalam therapi lumpuh separoh badan, lengan lemas, kaku, rematik, lengan tidak bisa diangkat, pusing kepala sebelah (migren) leher kaku, radang syaraf pundak, radang selaput di muka tempurung lutut (bursitis) pundak kaku kapsulitis.
9. Titik futu (L 18) berlokasi 3 cun (4 jari tanpa jempol) di atas cegokan jakun, sisi jakun, sudut leher atas. Berkhasisat dalam menangani gondok, amandel, kepala, nyeri pinggul, panggul (bahu/paha atas) arthritis, nyeri syaraf sepanjang syaraf sciatik yang menyebar ke bokong san tungkai bawah.
Pemilihan titik meridian jantung bermanfaat untuk mengatasi gangguan mental, syaraf, emosi, pembuluh darah dan peredaran darah. Sebagai contoh Titik ke 7 (HT 7) yang dikenal Sen Men, berhasiat untuk jantung berdebar, susah tidur (insomnia) , gelisah, kram, ayan, tekanan darah tinggi, mengatasi pelupa, lengan nyeri, mudah kaget, sakit pada pergelangan, radang selaput jantung (pericarditis), demyut jantung lambat (bradycardia), gondok tangan dingin, rematik. Lokasi di pergelangan tangan bagian bawah sebelah dalam (sisi kelingking). Perhatikan gambar berikut.
11. Tay Cung titik akupuntrur yang mudah diraba sendiri adalah titik Tay Cung. Titik ke 3 dari meridian Liver (LR 3) ini terletak pada punggung kaki di celah jari ke 1 (jempol kaki) dengan jari ke 2 (telunjuk kaki). Bersifay menurunkan api pada hati. Merupakan titik yen dari meridian hati. Berkhasiat untuk menangani hernia, menghilangkan nyeri, sakit mata, pusing, pendarahan, impotensi, mgompol, tidak dapat kencing, susah tidur, kejang, wasir, radang, mulut miring, hipersks, hati, tekanan darah tinggi/rendah.

1 comment: