Friday, December 7, 2012

SI MENOR DAN MANFAATNYA

Kesemek adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris dinamai Oriental (Chinese/Japanese) persimmon. Nama ilmiahnya adalah Diospyros kaki. (‘Kaki’, bahasa Jepang, adalah nama zat tanin yang dihasilkan buah ini).
Klasifikasi Ilmioah Kesemek : Kerajaan: Plantae Divisi: Magnoliophyta Kelas: Magnoliopsida Ordo: Ericales Famili: Ebenaceae Genus: Diospyros Spesies: D. kaki
Pohon kesemek berukuran kecil sampai sedang, 15 m atau kurang, dioesis (dioecious, berumah dua) dan kadang-kadang monoesis, berbatang pendek dan bengkok-bengkok, banyak cabang, serta menggugurkan daun.Daun dalam dua deret, tersusun berseling, bertangkai pendek lk. 3 cm, bundar, bundar telur sampai jorong, 2,5-15 × 5-25 cm, hijau kuning berkilap.Bunga jantan dalam malai pendek berisi 3-5 kuntum, bunga betina soliter, di ketiak daun, berbilangan 4. Buah buni berbentuk gepeng membulat dan bersegi empat, hijau kekuning-kuningan sampai merah, dengan daun kelopak yang tidak rontok.kesemek sekarang sudah sulit dijumpai atau hampir punah
Kandungan Gizi Buah Kesemek Melayani Ukuran 100 gr (100 g) ________________________________________ Jumlah per Porsi Kalori 65 dari Lemak 2.70 ________________________________________ % Nilai harian* Total Lemak 0.30 g 0.5 % Lemak Jenuh 0.100 g 0.5 % Kolesterol 0 mg 0.0 % Sodium 2 mg 0.1 % Total Karbohidrat 17.00 g 5.7 % Diet Serat 1.8 g 7.2 % Protein 0.50 g 1.0 % ________________________________________ Vitamin C 60.0 % Vitamin B1 Thiamin 4.0 % Vitamin B2 Riboflavin 3.5 % Vitamin B3 Niasin 3.0 % Vitamin B5 Asam Pantotenat acid 1.6 % Vitamin B6 6.5 % Kalsium 1.0 % Besi 0.6 % Kalium 4.5 % Fosfor 1.1 % Magnesium 2.3 % Tembaga 5.5 % Mangan 1.5 % F Fenilalanin 1.9 % I Isoleusin 1.3 % K Lisin 2.0 % L Leusin 1.1 % M Metionin 1.0 % T Treonin 1.8 % Tirosin 1.1 % V Valin 1.4 % W Triptofan 2.9 % * Nilai Persen harian berdasarkan diet 2.000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda. Jumlah total lemak Kurang dari 65g Lemak jenuh Kurang dari 20g Kolesterol Kurang dari 300mg Sodium Kurang dari 2,400mg Jumlah Karbohidrat 300g Diet Serat 25g sumber : http://manycalories.com/id
Manfaat Buah Kesemek bagi kesehatan tubuh antara lain : Buah Kesemek bisa menjaga tubuh agar terliat langsing. Pakar kesehatan dan para ahli mengatakan bahwa buah kesemek sangat ampuh dikonsumsi bagi orang yang ingin tubuhnya tetap langsing, hampir sama seperti mengkonsumsi buah apel. Buah kesemek manfaat lainnya juga bisa mencegah penyakit jantung. Kesemek bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena buah ini mengandung polifenol yang bisa menurunkan kolesterol jahat yang gak baik bagi kesehatan manusia.
Buah kesemek bisa dijadikan campuran obat yang berfungsi dan berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit dalam tubuh antara lain, yaitu. Hipertensi tekanan darah tinggi. Buah kesemek di juss dengan menambahkan sedikit air hangat dan diminum 1 x sehari. Batuk berdahak dan asma Ambil dua potong buah kesemek yang kering kemudian tambah dikit air kemudian kukus sampai matang. Lalu haluskan dan tambahkan 1 sendok madu murni.
Manfaat Buah Kesemek bisa Mengobati Sakit Perut Makan buah kesemek yang segar diyakini bisa meredakan nyeri perut, dalam airtian makan seperti makan biasa. Buah kesemek segar mengandung 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin A dan kalium.
Berdasarkan riset, diketahui ternyata banyak zat kimia hebat di dalam buah kesemek. Di antaranya terdapat senyawa-senyawa antioksidan yang selain berkhasiat mencegah kanker juga menghambat proses penuaan dini. Mengonsumsinya dapat menghilangkan dahaga, menyehatkan paru-paru dan menguatkan limpa.
Buah yang dalam bahasa Yunani diartikan sebagai food of the God alias makanan para dewa ini mempunyai nilai gizi yang cukup baik. Dibandingkan semangka dan apel kandungan vitamin C juga A jauh lebih tinggi. Setiap 100 g kesemek mengandung kalori 78 kkal, protein 0,8 g, lemak 0,5 g, karbohidrat 20 g (terutama fruktosa dan glukosa), kalsium 6 mg, vitamin A 2.710 SI, vitamin C 11 mg dan vitamin B1 0,05 mg. Nilai energinya 320 kJ/100 g.
Buah kesemek yang muda mengandung zat tanin yang dinamai tanin-kaki, yang menimbulkan rasa sepat pada buah. Zat ini akan berkurang bersama dengan masaknya buah. Tanin-kaki dimanfaatkan untuk mengawetkan berbagai kerajinan tangan, membantu produksi arak-beras di Jepang, serta bahan pengobatan penyakit hipertensi. Satu poin penting, sebutir kesemek setiap hari dapat membantu mencegah pengerasan pembuluh darah. Kesemek juga berkhasiat menjaga tekanan darah agar tidak melewati ambang normal ( Tekanan Darah Tinggi ) . Tepeliharanya kelenturan pembuluh darah dan stabilnya tekanan darah adalah kunci utama terpeliharanya kesehatan jantung. . Kesemek juga kaya akan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah kanker, phytochemical lutein, betakaroten dan serat. Kandungan polifenol di dalam kesemek dapat menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penyakit jantung. Berikut Struktur kimiawi Lutein
Sedangkan serat kesemek dapat mengikat zat karsinogen dan mengelurakannya dari saluran cerna, manfaatnya kanker saluran pencernaan bisa dicegah. Serat juga mencegah sembelit dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Berikut struktur Lycopen
Buah kesemek yang matang dan empuk, yang telah hilang rasa sepatnya, setelah dipanen dapat dimakan dalam keadaan segar, atau daging buahnya diproses menjadi puri, es krim, selai, agar-agar, dan sebagainya. Beberapa kultivar yang berasa sepat dapat diolah menjadi produk kering yang enak rasanya, mirip dengan buah ara yang kering. Zat taninnya yang disebut ‘kaki’ dimanfaatkan dalam penggambaran pakaian atau kertas agar tahan lama, pemanfaatan utama saat ini adalah dalam berbagai kerajinan tangan. Tanin ‘kaki’ juga digunakan sebagai bahan proteolitik dalam pembuatan arak beras Jepang, dan dalam pengobatan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
Penyakit Diare dan disentri Siapkan beberapa potongan buah kesemek yang sudah dikeringkan,lalu kamu rebus sampai jadi bubur dan campur dengan beras ketan dan irisan jeruk 2 potong saja. Campur sampai rata , angkat dan konsumsikan ke penderita diare 3 kali sehari.
Ternyata mengkonsumsi buah Kesemek memperoleh banyak manfaat, dan tidak begitu berefek samping bagi tubuh, kita sehat dengan buah buahan alami. Buah Kesemek sangat penting dalam ilmu pengobatan china, dan jepang sehingga disana nilai komersilnya sangat tinggi. Jadi Bisakan, sehat dengan buah lezat ?

No comments:

Post a Comment